Senin, 09 Juni 2008

PC Murah dan Kecil Paling Diminati

PC berukuran kecil dan berharga terjangkau akan menjadi barang paling diburu para pembelanja teknologi dalam beberapa tahun ke depan.
Hal itu terkait dengan melesunya ekonomi Amerika Serikat dan sebagian wilayah lain di dunia yang membuat anggaran belanja terpaksa dipangkas.

Para pembelanja sekarang tengah dililit masalah tingginya harga minyak dan melonjaknya harga barang-barang lainnya. Belum lagi krisis keuangan di Amerika telah membuat masyarakat Amerika harus mengencangkan ikat pinggang.

Akibatnya seretnya aliran kredit, para pembelanja enggan membeli PC baru dan telepon seluler atau gadget canggih lainnya yang harganya makin tak terjangkau.

Sebagai gantinya, konsumen akan melirik PC murah seperti buatan Asustek Computer Inc., Eee, yang memang untuk membidik pasar-pasar bertumbuh dan konsumen yang ingin membeli tambahan komputer.

PC semacam ini, yang juga dilengkapi dengan baterai tahan lama dan fitur koneksi nirkabel, akan saling berebut pasar dengan komputer ramah lingkungan dengan ukuran lebih ramping dan layar hemat energi.

Komputer dengan tenaga surya memang dirancang untuk memangkas konsumsi listrik dan mengurangi dampak lingkungan.

"Kita sekarang tidak lagi memiliki kocek tebal," kata Kevin Chung, manajer di perusahaan konsultan Jih Sun Investment Consulting di Taiwan saat mengunjungi pameran elektronik dan komputer akhir pekan lalu.

Asustek Computer, yang sukses dengan PC murahnya, Eee PC, akan menampilkan produk baru dengan layar lebih besar yang dapat memanjakan penggunanya, mulai dari menyimpan klip video melalui flash memory dan berselancar di Web di kedai-kedai kopi.

Acer Inc, produsen PC paling kondang di Taiwan, juga akan meluncurkan PC murah sebagai antisipasi pertumbuhan di China dan India.

Untuk menunjang kehadiran PC papan bawah, Intel Corp juga akan memperkenalkan prosesor barunya yang dapat dipasang pada PC murah.

0 komentar:

Ads